1. Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Fungsi Joystick :
a. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
b. Untuk megontrol permainan video.
c. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.
> Jenis - Jenis Joystick :
1. Joystick Logitech Rumble : Jenis joystick yang paling sering
digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan
untuk game apa saja.
2. Joystick Logitech Racing Wheel : Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.
3.Joystick Logitech Extreme 3D Pro : Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.
2. Trackball
adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.
3. Layar Sentuh (Touch Screen)
sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi.
4. Light Pen (Pena Cahaya)
Merupakan suatu alat input yang digunakan pada piranti layar sentuh untuk menggantikan fungsi tangan juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis.
Lightpen merupakan inovasi terbaru dari perangkat input karena alat ini digunakan seperti layaknya anda menulis pada sebuah kertas.
Light pen merupakan salah satu perangkat masukan yang berbentuk pena cahaya apabila pena di dikatkan ke monitor akan membentuk goresan sesuai dengan goresan yang kita lakukan. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Dengan menggunakan lightpen, anda dapat langsung memasukan data, baik berupa angka maupun huruf ke dalam CPU melalui layar monitor.
Pengunaan lightpen ini biasanya menggunakan program untuk rancang bangun, misalnya CAD (Computer Aided Design) atau CAM (Computer Aided Manufacturing).
>Fungsi Light Pen :
Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Light pen ada juga yang digunakan untuk membaca bar-code. Bar-code adalah suatu garis-garis hitam yang dibuat menurut kode tertentu, dan dicetak dengan menggunakan tinta khusus yang bisa dibaca oleh light pen.
5. Tablet Digital
Suatu portable komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri utama yang paling menonjol pada sebuah tablet adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan yang menggunakan ujung jari tangan, stilus, maupun pena digital. Selain itu, ukuran tablet relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer PC maupun laptop.
Suatu portable komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri utama yang paling menonjol pada sebuah tablet adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan yang menggunakan ujung jari tangan, stilus, maupun pena digital. Selain itu, ukuran tablet relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer PC maupun laptop.
Selain menggunakan layar sentuh, tablet juga bisa dioperasikan dengan menggunakan keyboard dan mouse bongkar pasang seperti halnya dengan komputer biasa. Penggunaan alat tambahan ini tentunya harus didukung oleh tablet yang digunakan dan hanya beberapa jenis tablet mendukung penggunaan alat tambahan ini.
>Fungsi Tablet Digital :
>Fungsi Tablet Digital :
Tablet kebanyakan digunakan untuk browsing, chatting, serta mengirim dan menerima surat elektronik ( email ). Tablet juga bisa digunakan layaknya handphone untuk menerima dan melakukan panggilan telepon serta mengirim dan menerima SMS. Fitur lain yang biasa disematkan vendor pada tablet adalah kamera digital yang bisa digunakan untuk mengabadikan gambar maupun video.
6. Tombol - Tombol Kursor (Cursor Key)
Yaitu keyboard yang merupakan salah satu jenis input device yang paling tua dan telah lama melengkapi suatu sistem perangkat komputer. Keyboard sendiri adalah sebuah input device berupa papan yang terdiri dari tombol-tombol tanda huruf dan angka serta fungsi-fungsi (F1, F2, … F12). Jika dilihat sepintas susunannya menyerupai yang ada pada mesin ketik. Tombol-tombol tersebut disusun sedemikian rupa sehingga dapat dipergunakan untuk memberikan masukkan (input), baik berupa data maupun perintah-perintah pada sistem komputer.
>terbagi menjadi 4 jenis :
>terbagi menjadi 4 jenis :
a.) Tombol Ketik (Typing Keys)
adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
b.) Numeric Keypad
merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
c.) Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
d.) Tombol Kontrol (Control Keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
b.) Numeric Keypad
merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
c.) Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
d.) Tombol Kontrol (Control Keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
7. Roda Jempol (Thumb Wheels)
• Dua lempeng pengatur ortogonal untuk mengatur posisi kursor
• Murah tetapi lambat
• Dua lempeng pengatur ortogonal untuk mengatur posisi kursor
• Murah tetapi lambat
Mouse adalah piranti penunjuk yan gumum dipakai dalam sistem komputer. Piranti ini biasanya dipakai untuk sistem operasi yang berbasis tampilan grafis misalnya Windos XP. Mouse digunakan untuk menunjukkan data atau perinta yang ditampilkan pada layar monitor.
Berkaitan dengan penggunaan mouse, terdapat sejumlah istilah seperti mouse pointer, click, double click dan drag.
1. Mouse pointer atau penunjuk mouse adalah tanda yang menyatakan posisi mouse pada layar. Umumnya berbentuk tanda panah akan tetapi bisa diubah sesuai keinginan.
2. Klik berarti menekan salah satu tombol yang ada di mouse dalam waktu singkat, kemudian melepaskan kembali. Perlu diketahui bahwa jika Anda menjumpai istilah klik tanpa disertai informasi tombol yang harus diklik seperti tombol klik kanan dan klik kiri, maka yang dimaksudkan adalah mengklik tombol kiri.
3. Klik ganda atau double klik menyatakan tindakan mengklik dan melepaskan kembali tombol kiri mouse dua kali secara beruntun dalam waktu yang singkat.
4. Penggunaan klik dan tarik atau click and drag umumnya bermanfaat untuk memperlancar pemakaian program aplikasi. Salah satu contoh pemanfaatannya adalah untuk memindahkan gambar dalam suatu dokumen ke lokasi lain dalam dokumen tersebut.
9. Sarung Tangan Data
Sarung tangan data (Dataglove) adalah sebuah perangkat input untuk lingkungan virtual reality. Berbagai teknologi sensor yang digunakan untuk mengambil data fisik seperti menekuk jari.
Seringkali sebuah gerakan pelacak, seperti alat pelacak magnet atau perangkat pelacakan inersia, melekat untuk menangkap posisi global / data rotasi sarung tangan.
Gerakan-gerakan ini kemudian diinterpretasikan oleh perangkat lunak yang menyertai sarung tangan, maka setiap satu gerakan dapat berarti banyak hal. Gestures kemudian dapat dikategorikan ke dalam informasi yang berguna, seperti untuk mengenali Sign Language atau fungsi simbolis.
10. Penangkap Pandangan Mata(Eyegaze)
1. Headset mendeteksi gerakan mata pengguna untuk mengontrol kursor
2. Sangat cepat dan akurat
3. Mahal
0 komentar:
Posting Komentar